Pengertian, Fungsi, dan Jenis Perangkat Lunak

Perkembangan teknologi yang ada saat ini tentu tidak terlepas dari adanya software atau perangkat lunak yang ada di dalam sebuah produk teknologi. Pada jenjang pendidikan tertentu, Anda pasti sudah mendapatkan materi tentang perangkat lunak dan hal-hal lain yang berkaitan sehingga sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Akan tetapi, mungkin tidak semua orang mengingat tentang hal tersebut. Apalagi bagi Anda yang sudah lama melewati masa sekolah. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian, fungsi, dan juga jenis perangkat lunak. Jadi, jangan lewatkan penjelasan berikut, ya.

Pengertian Perangkat Lunak

Software atau perangkat lunak merupakan suatu kumpulan dari beberapa perintah yang nantinya akan dieksekusi pada mesin komputer yang menjalankannya. Pada perangkat lunak inilah, sebuah mesin komputer dapat menyimpan dokumen, arsip hingga perintah tertentu. Pengertian perangkat lunak lainnya adalah data elektronik yang disimpan pada perangkat komputer. Agar bisa berjalan sebagaimana mestinya, perangkat lunak ini dapat bekerja dengan susunan logika untuk dapat mengolah data. Adapun pengolahan perangkat lunak adalah data, operasi, dan juga program.

Fungsi Perangkat Lunak

Ada banyak sekali fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak. Itulah mengapa, setiap perangkat komputer pasti mempunyai perangkat lunak untuk membantu menjalankan alat tersebut. Berikut ini adalah fungsi dari perangkat lunak.

  1. Membantu untuk mengidentifikasi program.
  2. Dapat menyiapkan aplikasi program supaya tata kerja pada perangkat komputer dapat terkontrol dengan baik.
  3. Membuat dan mengatur pekerjaan supaya lebih efisien.

Jenis Perangkat Lunak

Jenis-jenis perangkat lunak yang ada pada sebuah perangkat komputer sangat banyak jumlahnya. Hal ini dikarenakan setiap jenis perangkat lunak mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat lunak yang biasa ditemukan pada sebuah perangkat komputer.

  • Perangkat Lunak Aplikasi

Jenis perangkat lunak yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Hal ini karena perangkat lunak aplikasi selalu muncul dalam semua perangkat komputer. Perangkat lunak aplikasi berfungsi untuk melakukan berbagai macam tugas yang dibutuhkan oleh pengguna.

  • Sistem Operasi

Sistem Operasi atau yang biasa disebut OS adalah komponen perangkat lunak yang berfungsi sebagai sumber daya pada perangkat keras dan menjadi layanan umum dalam sebuah aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi menjadi bagian yang paling penting karena tanpanya maka sistem komputer tidak dapat berjalan.

  • Perangkat Lunak Bebas dan Sumber Terbuka

Perangkat lunak bebas adalah istilah yang digunakan untuk mengubah, mengganti, mempelajari, hingga memodifikasi hal-hal tertentu. Salah satu contoh perangkat lunak bebas dan sudah digunakan dalam skala internasional adalah OpenSolaris, Darwin, dan Debian.

  • Perangkat Lunak Gratis

Perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer yang dapat digunakan secara gratis tanpa ada tenggang waktu tertentu. Saat ini sangat mudah untuk menemukan perangkat lunak gratis yang dapat digunakan secara bebas.

  • Perangkat Lunak Uji Coba

Perangkat lunak ini tersedia bagi semua pengguna tanpa perlu membayar karena masih dalam tahap uji coba. Akan tetapi, biasanya terdapat batas waktu dalam penggunaan perangkat lunak uji coba ini. Perangkat lunak ini ada untuk memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mencoba perangkat lunak tersebut sebelum mendapatkan lisensi dengan versi yang lebih lengkap.

Setelah menyimak penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan jenis perangkat lunak di atas, tentu pengetahuan Anda menjadi semakin bertambah atau bahkan tertarik untuk menciptakan perangkat lunak sendiri.